Hal yang Biasanya Terjadi saat Menstruasi


July 9, 2019

Menstruasi merupakan siklus yang banyak wanita tidak sukai. Hal ini dikarenakan saat sebelum menstruasi wanita akan mengalami PMS yang dimana mood akan tidak stabil dan juga perut yang suka kram. Belum lagi gejala-gejala lain yang menyakitkan. Karena itu hargailah setiap wanita. Hal yang paling penting saat menstruasi adalah tetap memasang kalender haid agar anda tau siklus-siklus haid anda.

Siklus ini akan terus berjalan sampai waktunya nanti anda akan menopause. Oleh sebab itu anda perlu mengetahui beberapa informasi penting mengenai menstruasi. Salah satu informasi penting yang perlu anda ketahui adalah masalah yang sering dihadapi oleh wanita saat sedang menstruasi. Bagi anda khususnya remaja yang belum pernah mengalami menstruasi, simaklah penjelasan berikut ini.

3 Masalah yang Sering Terjadi Saat Menstruasi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya menstruasi merupakan tamu bulanan yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Akan tetapi menstruasi tak bisa lepas dari wanita. Oleh sebab itu anda perlu mengetahui beberapa masalah yang sering dihadapi oleh wanita saat sedang mengalami menstruasi. Hal ini agar anda dapat mempersiapkan hal-hal yang dapat digunakan untuk menangani.

  1. Penggumpalan darah

Darah yang dilkeluarkan saat menstruasi dapat mencapai 40cc atau setara dengan 3 sendok makan setiap harinya. Durasi keluarnya darah saat menstruasi pada umumnya adalah sebanyak 4 sampai 5 hari lamanya. Darah menstruasi yang menggumpal adalah hal normal. Akan tetapi jika gumpalan darah banyak dan anda pusing saat menstruasi, sebaiknya ke dokter.

  1. Mood tidak stabil

Saat anda menstruasi, tentunya hormon pada tubuh anda akan sangat tidak stabil. Hal ini akan berujung pada suasana hati yang buruk. Para peneliti telah membuktikan bahwa wanita lebih sensitif terhadap perubahan hormone ekstrogen pada tubuh. Untuk mengurangi hormon yang tidak stabil anda dapat berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

  1. Kemaluan gatal

Gatal pada kemaluan saat menstruasi diakibatkan oleh terkontaminasinya kemaluan dengan pembalut. Selain itu kegatalan juga bisa diakibatkan oleh ketidakstabilan hormon sebelum menstruasi. Tidak hanya itu saja, jika anda jarang mengganti pembalut maka kemaluan anda akan terasa sangat gatal karena banyak sekali kuman dan bakteri yang terkumpul.

Related

shares