Penderita Diabetes Wajib Waspada, Inilah 2 Makanan yang Perlu Dihindari


December 14, 2019

Menderita diabetes bukanlah hal yang menyenangkan. Karena, penderita diabetes akan serba terbatas dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Disamping itu, penderita diabetes juga akan mengalami proses penyembuhan luka yang lebih lama. Untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes, penderitanya perlu menjaga pola hidup sehat dengan menghindari beberapa makanan yang bisa memacu naiknya kadar gula dalam darah. Untuk itu, berikut ini 2 daftar makanan yang bisa dihindari oleh para penderita diabetes.

Nasi

Siapa yang bisa hidup satu hari tanpa nasi? Rasanya, orang Indonesia sulit untuk mewujudkan hidup satu hari tanpa nasi ya. Karena, nasi telah menjadi makanan pokok yang wajib dikonsumsi oleh orang-orang di Indonesia. Bahkan sampai ada pepatah kalau belum makan nasi sama saja dengan belum makan. Akan tetapi, penderita diabetes perlu menghindari kebiasaan makan nasi, karena hal ini tergolong berbahaya.

Nasi merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat. Para penderita diabetes akan kesulitan untuk mencerna nasi menjadi sumber karbohidrat namun justru meningkatkan kadar gula dalam darahnya. Kekurangan hormon insulinlah yang membuat penderita diabetes perlu menghindari konsumsi nasi dalam daftar makanan sehari-hari. Selain itu, nasi juga perlu dihindari oleh penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2.

Sereal Manis

Sereal yang manis tentu merupakan sarapan yang lezat dan disukai oleh anak-anak. Tubuh kita juga akan mendapatkan asupan energi yang tinggi karena kadar gula yang dimiliki oleh sereal manis. Apalagi jika sereal manis dicampur dengan susu, maka akan terasa semakin lengkap karena nutrisi yang dimiliki susu. Hanya saja, penderita diabetes perlu menghindari makanan yang satu ini.

Sereal manis cenderung kurang cocok untuk penderita diabetes karena kadar gula dalam darah yang dimilikinya. Sereal manis bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang berbahaya bagi para penderita diabetes. Meksipun memiliki kadar protein yang tinggi, sereal tetap kurang dianjurkan. Sebaiknya, pilihlah makanan dengan kadar protein lainnya seperti tempe, telur atau ikan.

Dua makanan yang dihindari diatas akan sangat membantu proses penyembuhan luka agar berjalan lebih optimal. Disamping itu, perkaya juga pengetahuan Anda dengan rutin membaca info kesehatan terutama seputar diabetes di guesehat.com. Semoga bermanfaat.

Related

shares