Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar


June 20, 2019

Bagi Anda pemilik kendaraan khususnya mobil, merawat mobil Anda adalah hal yang sangat penting. Baik itu mobil lama maupun baru, perawatan tetap harus diperhatikan agar mobil Anda bisa bertahan dan tetap berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin banyak dari Anda yang mengandalkan servis bulanan saja, namun tentunya banyak hal-hal yang hanya diketahui oleh Anda sebagai pemilik. Oleh karena itu, melakukan perawatan mobil sendiri adalah hal yang penting.

Mulai dari cat, kaca, hingga lampu juga membutuhkan perawatan khusus. Bagian interior pun juga ada perawatan tersendiri. Apalagi bagian mesin yang bisa dikatakan fungsi utama dari sebuah mobil, tentu membutuhkan perawatan secara teratur.

Nah, jika Anda adalah seorang pemula dan belum tahu cara merawat mobil yang benar, sebaiknya simak tips-tips berikut ini.

  1. Cat Mobil

Terkadang, kita tidak bisa menghindarkan body mobil dari baret atau lecet lainnya. Bagian luar atau cat merupakan hal pertama yang dilihat orang lain saat melihat mobil Anda. Maka dari itu, usahakan agar selalu parkir dengan hati-hati agar tidak ada baret yang menyebabkan cat rusak. Selain itu, parkirkan mobil dengan penutup mobil agar tidak lembab dan terkena sinar matahari.

Saat mencuci mobil, gunakan sabun khusus untuk mencuci kendaraan, jangan sembarangan. Lap atau spons yang digunakan pun juga harus yang halus dan lembut agar tidak merusak cat mobil.

  1. Cek Oli Mobil Anda

Dalam merawat mobil, mengecek oli adalah hal yang sangat penting. Setiap 5.000 hingga 10.000 km oli mobil wajib diganti agar mesin tetap bekerja secara optimal. Ganti oli di tempat resmi dan pilihlah merek oli yang terbaik bagi mobil Anda.

Untuk mengecek apakah oli sudah perlu diganti atau belum, Anda bisa meneteskan sedikit oli di tangan lalu perhatikan dan rasakan apakah ada serpihan di dalamnya. Jika iya, maka sudah waktunya oli diganti.

  1. Cek Juga Isi Air Radiator Mobil Anda

Air radiator berguna untuk mendinginkan mesin saat mesin tersebut bekerja. Jangan sering lupa untuk mengisi air radiator secara rutin dan berkala sehingga mesin dapat bekerja dengan optimal.

Gunakan air radiator yang sudah dianjurkan, jangan asal-asalan apalagi menggunakan air radiator yang sudah kotor. Jika menggunakan air wiper, apabila air sudah mulai habis, isilah tabung air wiper dengan air bersih.

  1. Cek Kembali Kabel dan Lampu

Dalam merawat mobil, kondisi kabel dan lampu juga harus diperiksa secara rutin. Pastikan kondisi seluruh kabel dan lampu mobil Anda dalam keadaan normal. Apabila terdapat lampu yang kendur atau bahkan terputus serta lampu yang mulai redup segera ganti dan perbaiki.

  1. Perawatan Aki Mobil

Pastikan agar air aki mobil Anda berada pada level seharusnya atau di antara garis batas penanda. Anda juga dapat mengukur tegangan aki dengan voltmeter untuk mengetahui kondisinya. Jika masih belum yakin, Anda bisa memeriksakan mobil ke bengkel.

  1. Servis Secara Berkala

Servis secara berkala juga merupakan hal penting dalam merawat mobil Anda secara keseluruhan. Servis berkala menyediakan pelayanan mulai dari memeriksa eksterior dan interior mobil, mengganti oli, menambah cairan radiator, mengecek aki mobil, hingga memeriksa pelumas rem.

Jika Anda mempunyai masalah atau keluhan mengenai mobil Anda, Anda juga dapat menanyakannya langsung dan pihak bengkel pasti akan langsung menangani berbagai masalah Anda tersebut.

Merawat mobil agar selalu dalam kondisi prima dan optimal merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Selain hal-hal diatas, masih ada hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan seperti mengecek ban agar tidak aus dan juga karet wiper agar masih elastis.

Dengan memperhatikan berbagai hal-hal penting tadi, maka selain mobil Anda bisa lebih tahan lama dan tidak cepat rusak, keselamatan dan kenyamanan Anda saat berkendara juga semakin terjamin.

Jangan lupa juga untuk selalu memanaskan mobil. Dengan merawat mobil dan membawanya ke servis secara berkala, mobil Anda dapat terhindar dari berbagai kerusakan yang bisa menjadi kerugian di masa yang akan datang.

Related

shares